Cara Pemasangan Dan Peringatan Tejadinya Kesalah Pada Pemasangan Front Panel ~ Pengertian Front Panel



JIKA TERJADI KESALAHAN PEMASANGAN FRONT PANEL

1.       Lampu panel tidak akan menyala
2.       Tombol power switch tidak akan berfungsi
3.       Tombol power switch & reset tertukar posisi itu tidak akan menjadi masalah karena hanya mengakibatkan nama tombol terbalik fungsi. Tapi kalau tombol power atau reset tertukar dengan fungsi LED indicator baik HDD maupun power LED, maka akan mengakibatkan konsleting pada front panel
4.       Jika pada USB akan mengakibatkan front USB tidak akan berfungsi atau kemungkinan besar akan mengakibatkan device USB yang dicolok pada perangkat front USB akan rusak.

KONFIGURASI DARI FRONT PANEL CPU

Kabel Front Panel adalah Kabel Panel yg paling penting fungsinya untuk menghidupkan sebuah komputer. Front Panel adalah Sekumpulan Port yang berada pada bagian depan PC. Biasanya terdiri dari : USB, Speaker dan Mic, Card Reader.
Port tersebut dihubungkan dengan Motherboard dengan menggunakan kabel jumper. Bukan Cuma sebagai port saja, front panel juga memiliki fungsi sebagai tombol power, reset, power led, dan HDD Led. Pada front panel USB, memiliki 9 pin dan 1 pin yang hilang di ujungnya.
Sehingga pada saat pemasangan kabel Front Usb, kita harus memperhatikan dulu posisi pinnya. Karena jika posisinya salah, maka akan mengakibatkan pin pada motherboard patah. Pada front panel Speaker/Mic juga memiliki 9 pin dan 1 pin yang hilang akan tetapi posisi 1 pin tersebut tidak berada diujung tapi berada pada bagian tengah.

Pemasangan Pada Front Panel

Pada nomor 1 – 3 , port utk kabel HDD LED ( indikator yg biasa berwarna merah di CPU )
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiYXA0S71dkHkd0g_GwDXQizhKET-WD2qJn7rQuy63H-cG8eWn5ER0B87pFpx0xgUvkkHU-cyme8Yv-HTNKkQ7TtqgIkRenrEaLPAK4UudIvv7MxLHrGjc9BxgVB22yCQTRF9UsBdHQaIE/s320/DSC00055.JPGPada nomor 2 – 4 , port utk kabel POWER LED ( indikator yg biasa berwarna kuning di CPU )
Pada nomor 5 – 7 , port utk kabel RESET SW ( tombol reset pada CPU )
Pada nomor 6 – 8 , port utk kabel POWER SW ( tombol On/Off pada CPU )
Pada nomor 9 , tidak terpakai
Pada nomor 10 kosong , tidak ada port ( sebagai patokan )

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpyn7M2Er5XUMAs479_cPM9v5Ojnuej1Wufq1xtrpHtK6EI5pJPNH4x8a1upIkIeovqp6WeKwElEG5Rl901Z0U0RzfgwYl-K3D269PYs3fT_7ZUzz0jHiXMg2HMCP9UagpW6udkEBy94w/s1600/P3111154.JPGhttp://opensource.telkomspeedy.com/wiki/images/thumb/0/0a/Server-SM110C4-instalasi-kabel-front-panel2.jpg/200px-Server-SM110C4-instalasi-kabel-front-panel2.jpg
            Pin 1, 2 dan 6 dihubungkan dengan kabel positif, hanya pin nomor 5 yang dihubungkan dengan kabel negatif. Sebaliknya, pada kolom sebelah kanan hanya pin nomor 7 yang terhubung ke kabel positif sedangkan pin nomor 3, 4 dan 8 terhubung ke kabel negatif. Sangat mudah untuk menghafal, bukan? 1-3, 2-4, 5-7 dan 6-8. Positif-negatif, positif-negatif , negatif-positif, dan positif-negatif. Sudah ketahuan jika hanya pin nomor 5-7 yang susunannya terbalik dari yang lain.
             Lalu, bagaimana menemukan kabel positif dan negatif ?
             Untuk mudahnya  lihat saja warnanya. Kabel negatif umumnya berwarna putih atau hitam. Tetapi jika kabel putih dan hitam menjadi pasangan maka yang putih yang negatif. Jika tidak ada kabel warna putih atau hitam biasanya akan ada warna merah sebagai kabel positif.



1 komentar:

min kalo kabel hdd led kebalik apa efeknya min?

Reply

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.